tanaman langka

1. Cendana

salah satu pohon yang mempunyai beragam manfaat ini dinamai dengan cendana. Kayunya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan aroma terapi, parfum dan rempah-rempah. Diyakini, bau harum yang berasal dari kayu cendana ini awet sampai ratusan tahun!

2. Kantong Semar

Tanaman unik ini dapat bertahan hidup dengan cara melarutkan serangga dalam kantongnya seperti lebah, lalat dan lain sebagainya.
Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yang kini sudah dianggap langka. Sehingga perlu dilakukan budidaya secara ketat agar terhindar dari kepunahan.

3. Daun Payung

Image Source: growsonyou.com
Daun payung atau biasa disebut dengan daun sang atau salo adalah tumbuhan yang populasinya banyak ditemukan di provinsi Sumatera.
Daun payung memiliki nama ilmiah yakni johannestijsmania altifrons. Nama tersebut diambil dari nama sang penemu, Professor Teijsman.
Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang amat lebar serta kuat. Jaman dahulu, daun ini sering dipakai untuk keperluan dinding maupun atap rumah. Karena kegunaannya itulah mengapa tumbuhan ini dinamai dengan daun payung.

4. Anggrek Tebu

Image Source: sandiorchid.com
Salah satu keluarga anggrek yang paling berat dan besar namanya anggrek tebu. Serumpun anggrek tebu berusia dewasa mempunyai berat 1 ton lebih. Panjang batangnya kurang lebih 3 meter.
Bunga ini sering disebut-sebut sebagai anggrek raksasa karena ukurannya yang begitu besar.
Bunga anggrek raksasa nampak berwarna kuning dengan perpaduan beberapa bintik berwarna merah, merah kehitaman dan coklat.
Keunikan dari anggrek tebu terdapat pada bunganya yang bertahan hidup hingga 2 bulan meskipun batangnya telah dipotong.
Kini bunga anggrek tebu sedang dalam masa perlindungan karena jumlahnya yang sangat terbatas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Menanam Markisa dengan Stek (Panduan Lengkap)

Cara Menanam dan Memelihara Bunga Verbena dari Biji